Tips praktis bagaimana cara durian belanda berbuah

Inilah tips bagaimana cara durian belanda berbuah.Buah Durian adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenisnya. Buah ini mempunyai bebauan benar-benar menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia beberapa besar suka buah ini karena dianggap mempunyai rasa yang lezat dan menggugah selera. Malahan, karena kelezatannya membuat banyak orang ketagihan. Buah ini dapat dimakan seketika maupun diwujudkan olahan. Berikut sebagian tipe buah durian yang terdapat di Indonesia.


Variasi Tipe Durian di Indonesia


Duren Petruk. Dari namanya saja telah menggambarkan bahwa duren ini merupakan varietas unggul di yang terus diteliti untuk dioptimalkan. Nama durian petruk diambil dari nama penemu buah durian ragam ini, merupakan Pak Petruk asal Jepara. Durian petruk disebut sebut sebagai buah durian paling enak sedunia.





Buah Durian Tembaga. Durian tembaga mempunyai karakteristik yang amat menarik. Secara biasa tak jauh berbeda dengan buah durian variasi lainnya. Durian menarik dari duren tembaga merupakan dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Durian asal Riau ini susah masuk ke pasar di Pulau Jawa karena keok pamor dengan duren ragam lain lebih-lebih hasil impor. Tetapi, soal rasa dan harga betul-betul menggiurkan. 





Duren Sang Surya. Durian variasi ini dinamai duren sang surya sebab warna dagingnya kuning cemerlang seperti sang surya. Buah Durian yang mempunyai daging tebal dan berserat halus ini dapat Anda temukan di tempat Cimanggu, Bogor.


Tips Memilih Buah Durian


Lihat Tangkainya. Duren yang jatuh dari pokok tangkainya bergerigi. jikalau tampak rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan duren itu dipetik sebelum masak dan disimpan terutama dulu. Kecuali itu, cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku, jikalau kulitnya tebal, karenanya ISI buahnya malahan tebal juga. Bila bahagian dalam kulitnya kuning, karenanya warna daging buahnya bahkan kuning juga. Ada juga kasus yang durian dicelup dalam pewarna kuning, tangkainya juga akan berwarna kuning, hati-hati tau.





Amati Durinya. Sekiranya kulit tampak berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan duren itu berisi padat, tapi sekiranya duren berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, isi durian pasti lembik.


Pilihlah Durian yang Ringan. Buah Durian yang berat lazimnya masih mentah, isinya terlalu basah atau malah busuk.


Kulit. Hindari dari memilih buah yang kulitnya sudah retak atau pecah pada hujungnya. Retak atau pecah pada bahagian kulit duren akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas yang mengakibatkan rasa buah menjadi masam atau tawar.


Jangan Lupa Dipukul - pukul. Jikalau terdengar bunyi \"bluk-bluk\" berkumandang, itu tandanya durian telah matang.namun jika terdengar suara \"plek-plek\" itu tandanya buah durian belum matang.


guncangkan. Untuk memilih isi durian yang berkualiti dengan sistem menggoncangkan buah dan rasakan getaran kecil di dalam buah. Letakkan kedua telapak tangan pada buah duren, ditiru dengan jari-jari tangan dan dikendalikan agak erat. Dan goncang secara pelan-lahan. Kalau bisa menikmati getaran kecil ini bermakna isi buah kering dan matang kerana isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam manakala isi yang lembab atau terlalu lunak akan merekat di dinding kulit durian hal yang demikian.


Pilihlah Pangsa Duren dengan Ciri Tertentu. Ada 5 Pangsa. Buah duren memiliki pangsa (bilik-bilik) yang diisi biji dan isi buah. Pangsa buah durian boleh diperhatikan dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bahagian atas hingga bahagian bawah. Buah Durian yang pas memiliki lima pangsa kerana isi buah umumnya lebih banyak berbanding buah durian yang memiliki 6 pangsa atau lebih.


Ambil Durian yang Bulat. Bentuk bulat menggambarkan isi buahnya besar dan banyak. Duren bujur atau tak bulat umumnya cuma memliki isi buah sedikit. Akan namun, buah yang lonjong selalunya lebih manis dan enak berbanding buah yang bulat.


Cium Baunya. Sistem memilih duren, dekatkan hidung dan endus baunya, jikalau dia beraroma kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Durian apabila telah tak bau lagi, kemungkinan buahnya telah masuk angin yang membuat rasanya jadi hambar.


Metode Menanam Tanaman Duren


Tanaman buah buah durian (king of fruits) yang berharap dibuahkan di luar musim mesti memenuhi sebagian kriteria antara lain pohon sehat, dapat diperhatikan dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap. Pohon buah durian sudah cukup usia atau sudah pernah berbunga.  Pohon duren tak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus). Cara sedang terserang hama atau penyakit. , cara untuk membuahkan buah di luar musim yang dapat dipertanggungjawabkan dan paling banyak dilaksanakan ialah dengan mengaplikasikan bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon durian.  ini mengubah fisiologis tanaman duren dengan metode menghalangi fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, supaya timbul fase generatif - atau munculnya bunga dan buah.


 

Postingan Populer