Baca dulu di sini bagaimana cara merangsang durian cepat berbuah

Ini dia rahasia jitu bagaimana cara merangsang durian cepat berbuah.Buah Durian adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri ada banyak jenisnya. Buah ini mempunyai bebauan sungguh-sungguh menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia beberapa besar menyenangi buah ini sebab dianggap mempunyai rasa yang lezat dan menggugah selera. Pun, sebab kelezatannya membikin banyak orang ketagihan. Buah ini dapat dimakan segera maupun dijadikan olahan. Berikut sebagian variasi buah durian yang terdapat di Indonesia.


Macam Macam Buah Durian di Indonesia


Duren Petruk. Dari namanya saja sudah menggambarkan bahwa duren ini merupakan varietas unggul di yang terus diteliti untuk dioptimalkan. Nama buah durian petruk diambil dari nama penemu durian macam ini, ialah Pak Petruk asal Jepara. Buah Durian petruk disebut sebut sebagai durian paling enak sedunia.





Duren Tembaga. Durian tembaga mempunyai karakteristik yang betul-betul menarik. Secara biasa tak jauh berbeda dengan duren variasi lainnya. Durian menarik dari duren tembaga ialah dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Durian asal Riau ini susah masuk ke pasar di Pulau Jawa karena keok pamor dengan duren tipe lain terpenting hasil impor. Tapi, soal rasa dan harga amat menggiurkan. 





Duren Sang Surya. Durian tipe ini dinamakan buah durian sang surya karena warna dagingnya kuning cemerlang seperti sang surya. Durian yang mempunyai daging tebal dan berserat halus ini dapat Anda peroleh di tempat Cimanggu, Bogor.


Kiat Memilih Buah Durian


Lihat Tangkainya. Buah Durian yang jatuh dari pokok tangkainya bergerigi. sekiranya nampak rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan buah durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan secara khusus dulu. Kecuali itu, cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku, sekiranya kulitnya tebal, karenanya ISI buahnya malahan tebal juga. Apabila bahagian dalam kulitnya kuning, karenanya warna daging buahnya malahan kuning juga. Ada juga kasus yang durian dicelup dalam pewarna kuning, tangkainya juga akan berwarna kuning, hati-hati tau.





Amati Durinya. Bila kulit tampak berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan buah durian itu berisi padat, tapi seandainya buah durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, isi buah durian pasti lembik.


Pilihlah Duren yang Ringan. Duren yang berat umumnya masih mentah, isinya terlalu basah atau malah busuk.


Kulit. Hindari dari memilih buah yang kulitnya telah retak atau pecah pada hujungnya. Retak atau pecah pada bahagian kulit durian akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas yang mengakibatkan rasa buah menjadi masam atau tawar.


Jangan Lupa Dipukul - pukul. Kalau terdengar bunyi \"bluk-bluk\" berkumandang, itu tandanya durian telah matang.melainkan apabila terdengar suara \"plek-plek\" itu tandanya duren belum matang.


guncangkan. Untuk memilih isi buah durian yang berkualiti dengan sistem menggoncangkan buah dan rasakan getaran kecil di dalam buah. Letakkan kedua telapak tangan pada buah duren, dicontoh dengan jari-jari tangan dan dikontrol agak erat. Dan goncang secara pelan-lahan. Jikalau bisa menikmati getaran kecil ini bermakna isi buah kering dan matang kerana isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam manakala isi yang lembab atau terlalu lunak akan menempel di dinding kulit duren hal yang demikian.


Pilihlah Pangsa Duren dengan Ciri Tertentu. Ada 5 Pangsa. Buah durian memiliki pangsa (bilik-bilik) yang diisi biji dan isi buah. Pangsa duren bisa diperhatikan dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bahagian atas hingga bahagian bawah. Duren yang tepat memiliki lima pangsa kerana isi buah umumnya lebih banyak berbanding duren yang memiliki 6 pangsa atau lebih.


Ambil Durian yang Bulat. Bentuk yang bulat membuktikan isi buahnya besar dan banyak. Durian bujur atau tak bulat umumnya cuma memliki isi buah sedikit. Akan namun, buah yang lonjong selalunya lebih manis dan nikmat berbanding buah yang bulat.


Cium Baunya. Metode memilih durian, dekatkan hidung dan endus baunya, jikalau dia beraroma kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Duren bila telah tak bau lagi, kemungkinan buahnya telah masuk angin yang membuat rasanya jadi hambar.


Metode Menanam Pohon Duren


Tanaman buah durian (king of fruits) yang berkeinginan dibuahkan di luar musim wajib memenuhi sebagian kriteria antara lain pohon sehat, dapat diamati dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap. Pohon buah durian telah cukup usia atau sudah pernah berbunga.  Pohon duren tak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus). Sistem sedang terserang hama atau penyakit. , cara untuk membuahkan buah di luar musim yang dapat dipertanggungjawabkan dan paling banyak dilaksanakan ialah dengan menerapkan bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon buah durian.  ini mengubah fisiologis tanaman buah durian dengan sistem menghalangi fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, supaya timbul fase generatif - atau munculnya bunga dan buah.


 


Postingan Populer