Ini dia rahasia jitu bagaimana cara tanam durian tembaga

Artikel terbaru tentang cara tanam durian tembaga.Durian yakni buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenisnya. Buah ini mempunyai bebauan amat menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia beberapa besar suka buah ini sebab dianggap mempunyai rasa yang lezat dan menggugah selera. Malahan, sebab kelezatannya membuat banyak orang ketagihan. Buah ini dapat dimakan segera maupun diciptakan olahan. Berikut sebagian variasi durian yang terdapat di Indonesia.


Variasi Variasi Duren di Indonesia


Buah Durian Petruk. Dari namanya saja sudah menggambarkan bahwa duren ini yaitu varietas unggul di yang terus diteliti untuk dimaksimalkan. Nama buah durian petruk diambil dari nama penemu duren ragam ini, yakni Pak Petruk asal Jepara. Durian petruk digadang-gadang sebagai durian paling enak sedunia.





Buah Durian Tembaga. Durian tembaga mempunyai karakteristik yang benar-benar menarik. Secara lazim tak jauh berbeda dengan durian macam lainnya. Duren menarik dari duren tembaga ialah dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Buah Durian asal Riau ini susah masuk ke pasar di Pulau Jawa sebab keok pamor dengan durian tipe lain khususnya hasil impor. Melainkan, soal rasa dan harga benar-benar menggiurkan. 





Buah Durian Sang Surya. Duren tipe ini dinamai buah durian sang surya karena warna dagingnya kuning cemerlang seperti sang surya. Durian yang mempunyai daging tebal dan berserat halus ini dapat Anda peroleh di tempat Cimanggu, Bogor.


Tips Memilih Durian


Lihat Tangkainya. Durian yang jatuh dari pokok tangkainya bergerigi. sekiranya tampak rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan buah durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan terutama dulu. Kecuali itu, cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku, bila kulitnya tebal, karenanya ISI buahnya malah tebal juga. Bila bahagian dalam kulitnya kuning, karenanya warna daging buahnya malahan kuning juga. Ada juga kasus yang buah durian dicelup dalam pewarna kuning, tangkainya juga akan berwarna kuning, hati-hati tau.





Perhatikan Durinya. Kalau kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar boleh dipastikan durian itu berisi padat, tapi kalau duren berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, isi durian pasti lembik.


Pilihlah Durian yang Ringan. Buah Durian yang berat lazimnya masih mentah, isinya terlalu basah atau pun busuk.


Kulit. Hindari dari memilih buah yang kulitnya sudah retak atau pecah pada hujungnya. Retak atau pecah pada bahagian kulit duren akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas yang mengakibatkan rasa buah menjadi masam atau tawar.


Jangan Lupa Dipukul - pukul. Bila terdengar bunyi \"bluk-bluk\" berkumandang, itu tandanya duren telah matang.namun apabila terdengar suara \"plek-plek\" itu tandanya duren belum matang.


Goncangkan. Untuk memilih isi buah durian yang berkualiti dengan metode menggoncangkan buah dan rasakan getaran kecil di dalam buah. Letakkan kedua telapak tangan pada buah duren, ditiru dengan jari-jari tangan dan dikontrol agak erat. Dan goncang secara pelan-lahan. Bila bisa menikmati getaran kecil ini bermakna isi buah kering dan matang kerana isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam manakala isi yang lembab atau terlalu lunak akan merekat di dinding kulit buah durian hal yang demikian.


Pilihlah Pangsa Duren dengan Ciri Tertentu. Ada 5 Pangsa. Buah durian memiliki pangsa (bilik-bilik) yang diisi biji dan isi buah. Pangsa duren bisa diperhatikan dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bahagian atas hingga bahagian bawah. Buah Durian yang tepat memiliki lima pangsa kerana isi buah lazimnya lebih banyak berbanding duren yang memiliki 6 pangsa atau lebih.


Ambil Durian yang Bulat. Bentuk yang bulat membuktikan isi buahnya besar dan banyak. Durian bujur atau tak bulat lazimnya cuma memliki isi buah sedikit. Akan tapi, buah yang lonjong selalunya lebih manis dan nikmat berbanding buah yang bulat.


Cium Baunya. Metode memilih duren, dekatkan hidung dan kecup baunya, sekiranya dia beraroma kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Durian sekiranya sudah tak bau lagi, kemungkinan buahnya telah masuk angin yang membikin rasanya jadi hambar.


Metode Menanam Tanaman Durian


Tanaman buah durian (king of fruits) yang berkeinginan dibuahkan di luar musim mesti memenuhi sebagian kriteria antara lain pohon sehat, dapat diperhatikan dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap. Pohon duren telah cukup usia atau sudah pernah berbunga.  Pohon durian tak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus). Cara sedang terserang hama atau penyakit. , sistem untuk membuahkan buah di luar musim yang dapat dipertanggungjawabkan dan paling banyak dikerjakan merupakan dengan mengaplikasikan bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon durian.  ini mengubah fisiologis tanaman durian dengan sistem menghalangi fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, supaya timbul fase generatif - atau munculnya bunga dan buah.


 


Postingan Populer