Kenali dulu bagaimana cara memilih durian yg sudah matang

Kenali dulu bagaimana cara memilih durian yg sudah matang.Duren ialah buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenisnya. Buah ini mempunyai wewangian sungguh-sungguh menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia beberapa besar suka buah ini karena dianggap mempunyai rasa yang lezat dan menggugah selera. Malah, karena kelezatannya membuat banyak orang ketagihan. Buah ini dapat dimakan segera maupun dihasilkan olahan. Berikut sebagian tipe duren yang ada di Indonesia.


Variasi Macam Buah Durian di Indonesia


Duren Petruk. Dari namanya saja telah menggambarkan bahwa durian ini merupakan varietas unggul di yang terus diteliti untuk dimaksimalkan. Nama duren petruk diambil dari nama penemu duren tipe ini, ialah Pak Petruk asal Jepara. Durian petruk digadang-gadang sebagai buah durian terlezat sedunia.




Buah Durian Tembaga. Duren tembaga mempunyai karakteristik yang sungguh-sungguh menarik. Secara awam tak jauh berbeda dengan buah durian ragam lainnya. Duren menarik dari buah durian tembaga yakni dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Durian asal Riau ini susah masuk ke pasar di Pulau Jawa karena keok pamor dengan duren ragam lain secara khusus hasil impor. Melainkan, soal rasa dan harga amat menggiurkan. 





Duren Sang Surya. Durian tipe ini diberi nama duren sang surya karena warna dagingnya kuning cemerlang seperti sang surya. Duren yang mempunyai daging tebal dan berserat halus ini dapat Anda peroleh di tempat Cimanggu, Bogor.


Kiat Memilih Duren


Lihat Tangkainya. Duren yang jatuh dari pokok tangkainya bergerigi. sekiranya tampak rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan terutamanya dulu. Kecuali itu, cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku, apabila kulitnya tebal, karenanya ISI buahnya malah tebal juga. Seandainya bahagian dalam kulitnya kuning, karenanya warna daging buahnya malah kuning juga. Ada juga kasus yang durian dicelup dalam pewarna kuning, tangkainya juga akan berwarna kuning, hati-hati tau.





Perhatikan Durinya. Bila kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan buah durian itu berisi padat, namun bila buah durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, isi duren pasti lembik.


Pilihlah Duren yang Ringan. Duren yang berat lazimnya masih mentah, isinya terlalu basah atau malah busuk.


Kulit. Hindari dari memilih buah yang kulitnya sudah retak atau pecah pada hujungnya. Retak atau pecah pada bahagian kulit duren akan membikin isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas yang mengakibatkan rasa buah menjadi masam atau tawar.


Jangan Lupa Dipukul - pukul. Apabila terdengar bunyi \"bluk-bluk\" berkumandang, itu tandanya duren telah matang.melainkan jikalau terdengar suara \"plek-plek\" itu tandanya buah durian belum matang.


Goncangkan. Untuk memilih isi duren yang berkualiti dengan sistem menggoncangkan buah dan rasakan getaran kecil di dalam buah. Letakkan kedua telapak tangan pada buah durian, dicontoh dengan jari-jari tangan dan dikontrol agak erat. Dan goncang secara pelan-lahan. Kalau bisa menikmati getaran kecil ini bermakna isi buah kering dan matang kerana isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam manakala isi yang lembab atau terlalu lunak akan menempel di dinding kulit durian hal yang demikian.


Pilihlah Pangsa Duren dengan Ciri Tertentu. Ada 5 Pangsa. Buah duren memiliki pangsa (bilik-bilik) yang diisi biji dan isi buah. Pangsa buah durian boleh dipandang dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bahagian atas hingga bahagian bawah. Durian yang tepat memiliki lima pangsa kerana isi buah umumnya lebih banyak berbanding buah durian yang memiliki 6 pangsa atau lebih.


Ambil Durian yang Bulat. Bentuk bulat membuktikan isi buahnya besar dan banyak. Buah Durian bujur atau tak bulat umumnya cuma memliki isi buah sedikit. Akan tapi, buah yang lonjong selalunya lebih manis dan enak berbanding buah yang bulat.


Cium Baunya. Metode memilih duren, dekatkan hidung dan endus baunya, jikalau dia beraroma kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Durian sekiranya telah tak bau lagi, kemungkinan buahnya telah masuk angin yang membikin rasanya jadi hambar.


Cara Menanam Tanaman Buah Durian


Tanaman buah durian (king of fruits) yang berharap dibuahkan di luar musim mesti memenuhi sebagian kriteria antara lain pohon sehat, dapat diperhatikan dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap. Pohon duren sudah cukup usia atau telah pernah berbunga.  Pohon durian tak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus). Metode sedang terserang hama atau penyakit. , sistem untuk membuahkan buah di luar musim yang dapat dipertanggungjawabkan dan paling banyak dijalankan yaitu dengan menerapkan bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon duren.  ini mengubah fisiologis tanaman durian dengan sistem menghalangi fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, supaya timbul fase generatif - atau munculnya bunga dan buah.


 


Postingan Populer