Tips praktis bagaimana cara nak buat cucur durian

Baca dulu di sini bagaimana cara nak buat cucur durian.Durian yaitu buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenisnya. Buah ini mempunyai wewangian amat menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia beberapa besar suka buah ini sebab dianggap mempunyai rasa yang lezat dan menggugah selera. Malahan, karena kelezatannya membikin banyak orang ketagihan. Buah ini dapat dimakan seketika maupun dihasilkan olahan. Berikut sebagian tipe durian yang terdapat di Indonesia.


Variasi Tipe Duren di Indonesia


Buah Durian Petruk. Dari namanya saja sudah menggambarkan bahwa buah durian ini yakni varietas unggul di yang terus diteliti untuk dimaksimalkan. Nama buah durian petruk diambil dari nama penemu buah durian ragam ini, yakni Pak Petruk asal Jepara. Durian petruk digadang-gadang sebagai buah durian terlezat sedunia.





Durian Tembaga. Duren tembaga mempunyai karakteristik yang betul-betul menarik. Secara awam tak jauh berbeda dengan duren ragam lainnya. Duren menarik dari durian tembaga yaitu dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Buah Durian asal Riau ini susah masuk ke pasar di Pulau Jawa karena keok pamor dengan durian ragam lain terlebih hasil impor. Tapi, soal rasa dan harga benar-benar menggiurkan. 





Buah Durian Sang Surya. Duren ragam ini dinamai duren sang surya karena warna dagingnya kuning cemerlang seperti sang surya. Durian yang mempunyai daging tebal dan berserat halus ini dapat Anda peroleh di tempat Cimanggu, Bogor.


Tips Memilih Duren


Lihat Tangkainya. Durian yang jatuh dari pokok tangkainya bergerigi. jikalau terlihat rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan duren itu dipetik sebelum masak dan disimpan terpenting dulu. Kecuali itu, cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku, jika kulitnya tebal, karenanya ISI buahnya malah tebal juga. Sekiranya bahagian dalam kulitnya kuning, karenanya warna daging buahnya malah kuning juga. Ada juga kasus yang durian dicelup dalam pewarna kuning, tangkainya juga akan berwarna kuning, hati-hati tau.





Perhatikan Durinya. Jikalau kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar boleh dipastikan durian itu berisi padat, melainkan bila buah durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, isi buah durian pasti lembik.


Pilihlah Durian yang Ringan. Duren yang berat lazimnya masih mentah, isinya terlalu basah atau pun busuk.


Kulit. Hindari dari memilih buah yang kulitnya telah retak atau pecah pada hujungnya. Retak atau pecah pada bahagian kulit durian akan membikin isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas yang mengakibatkan rasa buah menjadi masam atau tawar.


Jangan Lupa Dipukul - pukul. Sekiranya terdengar bunyi \"bluk-bluk\" berkumandang, itu tandanya durian telah matang.tetapi sekiranya terdengar suara \"plek-plek\" itu tandanya durian belum matang.


Goncangkan. Untuk memilih isi buah durian yang berkualiti dengan metode menggoncangkan buah dan rasakan getaran kecil di dalam buah. Letakkan kedua telapak tangan pada buah duren, dicontoh dengan jari-jari tangan dan dikendalikan agak erat. Dan goncang secara pelan-lahan. Sekiranya bisa menikmati getaran kecil ini bermakna isi buah kering dan matang kerana isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam manakala isi yang lembab atau terlalu lunak akan merekat di dinding kulit durian hal yang demikian.


Pilihlah Pangsa Duren dengan Ciri Tertentu. Ada 5 Pangsa. Buah duren memiliki pangsa (bilik-bilik) yang diisi biji dan isi buah. Pangsa durian boleh dipandang dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bahagian atas hingga bahagian bawah. Durian yang pas memiliki lima pangsa kerana isi buah umumnya lebih banyak berbanding duren yang memiliki 6 pangsa atau lebih.


Ambil Durian yang Bulat. Bentuk yang bulat membuktikan isi buahnya besar dan banyak. Duren bujur atau tak bulat umumnya cuma memliki isi buah sedikit. Akan namun, buah yang lonjong selalunya lebih manis dan nikmat berbanding buah yang bulat.


Endus Baunya. Cara memilih duren, dekatkan hidung dan kecup baunya, apabila dia beraroma kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Duren sekiranya sudah tak bau lagi, kemungkinan buahnya telah masuk angin yang membikin rasanya jadi hambar.


Cara Menanam Pohon Durian


Tanaman buah durian (king of fruits) yang berharap dibuahkan di luar musim wajib memenuhi sebagian kriteria antara lain pohon sehat, dapat diamati dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap. Pohon duren telah cukup usia atau sudah pernah berbunga.  Pohon durian tak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus). Cara sedang terserang hama atau penyakit. , sistem untuk membuahkan buah di luar musim yang dapat dipertanggungjawabkan dan paling banyak dilaksanakan ialah dengan memakai bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon buah durian.  ini mengubah fisiologis tanaman duren dengan sistem menghalangi fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, supaya timbul fase generatif - atau munculnya bunga dan buah.


 


Postingan Populer