Langsung dibuka rahasia bagaimana cara bikin bubur kacang ijo durian

Kiat ampuh bagaimana cara bikin bubur kacang ijo durian.Durian yaitu buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenisnya. Buah ini mempunyai wewangian sungguh-sungguh menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia beberapa besar menyenangi buah ini sebab dianggap mempunyai rasa yang lezat dan menggugah selera. Pun, karena kelezatannya membuat banyak orang ketagihan. Buah ini dapat dimakan segera maupun dihasilkan olahan. Berikut sebagian macam durian yang ada di Indonesia.


Tipe Variasi Durian di Indonesia


Buah Durian Petruk. Dari namanya saja telah menggambarkan bahwa buah durian ini merupakan varietas unggul di yang terus diteliti untuk dimaksimalkan. Nama durian petruk diambil dari nama penemu duren variasi ini, yakni Pak Petruk asal Jepara. Durian petruk digadang-gadang sebagai buah durian terlezat sedunia.





Duren Tembaga. Duren tembaga mempunyai karakteristik yang amat menarik. Secara lazim tak jauh berbeda dengan buah durian tipe lainnya. Durian menarik dari durian tembaga ialah dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Buah Durian asal Riau ini susah masuk ke pasar di Pulau Jawa karena keok pamor dengan durian macam lain khususnya hasil impor. Tetapi, soal rasa dan harga betul-betul menggiurkan. 





Durian Sang Surya. Duren variasi ini diberi nama duren sang surya sebab warna dagingnya kuning cemerlang seperti sang surya. Buah Durian yang mempunyai daging tebal dan berserat halus ini dapat Anda peroleh di tempat Cimanggu, Bogor.


Tips Memilih Duren


Lihat Tangkainya. Buah Durian yang jatuh dari pokok tangkainya bergerigi. jikalau menonjol rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan buah durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan lebih-lebih dulu. Kecuali itu, cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku, jikalau kulitnya tebal, karenanya ISI buahnya malahan tebal juga. Jikalau bahagian dalam kulitnya kuning, karenanya warna daging buahnya bahkan kuning juga. Ada juga kasus yang durian dicelup dalam pewarna kuning, tangkainya juga akan berwarna kuning, hati-hati tau.





Amati Durinya. Sekiranya kulit tampak berduri jarang dan besar-besar boleh dipastikan buah durian itu berisi padat, namun kalau buah durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, isi buah durian pasti lembik.


Pilihlah Duren yang Ringan. Duren yang berat umumnya masih mentah, isinya terlalu basah atau pun busuk.


Kulit. Hindari dari memilih buah yang kulitnya sudah retak atau pecah pada hujungnya. Retak atau pecah pada bahagian kulit buah durian akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas yang mengakibatkan rasa buah menjadi masam atau tawar.


Jangan Lupa Dipukul - pukul. Seandainya terdengar bunyi \"bluk-bluk\" berkumandang, itu tandanya durian telah matang.namun seandainya terdengar suara \"plek-plek\" itu tandanya duren belum matang.


Goncangkan. Untuk memilih isi durian yang berkualiti dengan metode menggoncangkan buah dan rasakan getaran kecil di dalam buah. Letakkan kedua telapak tangan pada buah duren, ditiru dengan jari-jari tangan dan dikuasai agak erat. Dan goncang secara pelan-lahan. Kalau bisa menikmati getaran kecil ini bermakna isi buah kering dan matang kerana isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam manakala isi yang lembab atau terlalu lunak akan merekat di dinding kulit durian hal yang demikian.


Pilihlah Pangsa Duren dengan Ciri Tertentu. Ada 5 Pangsa. Buah duren memiliki pangsa (bilik-bilik) yang diisi biji dan isi buah. Pangsa duren boleh dipandang dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bahagian atas hingga bahagian bawah. Buah Durian yang pas memiliki lima pangsa kerana isi buah umumnya lebih banyak berbanding duren yang memiliki 6 pangsa atau lebih.


Ambil Durian yang Bulat. Bentuk yang bulat membuktikan isi buahnya besar dan banyak. Duren bujur atau tak bulat lazimnya cuma memliki isi buah sedikit. Akan namun, buah yang lonjong selalunya lebih manis dan nikmat berbanding buah yang bulat.


Cium Baunya. Sistem memilih durian, dekatkan hidung dan endus baunya, kalau dia beraroma kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Duren sekiranya telah tak bau lagi, kemungkinan buahnya telah masuk angin yang membuat rasanya jadi hambar.


Metode Menanam Pohon Buah Durian


Tanaman buah duren (king of fruits) yang mau dibuahkan di luar musim semestinya memenuhi sebagian kriteria antara lain pohon sehat, dapat diperhatikan dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap. Pohon durian sudah cukup usia atau sudah pernah berbunga.  Pohon duren tak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus). Metode sedang terserang hama atau penyakit. , sistem untuk membuahkan buah di luar musim yang dapat dipertanggungjawabkan dan paling banyak dikerjakan yaitu dengan mengaplikasikan bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon duren.  ini mengubah fisiologis tanaman duren dengan metode menghalangi fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, supaya timbul fase generatif - atau munculnya bunga dan buah.


 


Postingan Populer