Kiat ampuh bagaimana cara memilih buah durian yang matang

Baca dulu di sini bagaimana cara memilih buah durian yang matang.Duren yaitu buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri ada banyak jenisnya. Buah ini mempunyai bebauan betul-betul menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia beberapa besar suka buah ini karena dianggap mempunyai rasa yang lezat dan menggugah selera. Malahan, karena kelezatannya membikin banyak orang ketagihan. Buah ini dapat dimakan segera maupun diwujudkan olahan. Berikut sebagian tipe buah durian yang terdapat di Indonesia.


Ragam Macam Duren di Indonesia


Buah Durian Petruk. Dari namanya saja telah menggambarkan bahwa durian ini merupakan varietas unggul di yang terus diteliti untuk dioptimalkan. Nama duren petruk diambil dari nama penemu duren tipe ini, merupakan Pak Petruk asal Jepara. Duren petruk disebut sebut sebagai buah durian terlezat sedunia.




Durian Tembaga. Durian tembaga mempunyai karakteristik yang betul-betul menarik. Secara biasa tak jauh berbeda dengan buah durian macam lainnya. Duren menarik dari durian tembaga ialah dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Duren asal Riau ini susah masuk ke pasar di Pulau Jawa karena keok pamor dengan durian macam lain khususnya hasil impor. Tetapi, soal rasa dan harga amat menggiurkan. 





Duren Sang Surya. Durian macam ini dinamakan buah durian sang surya karena warna dagingnya kuning cemerlang seperti sang surya. Buah Durian yang mempunyai daging tebal dan berserat halus ini dapat Anda peroleh di tempat Cimanggu, Bogor.


Tips Memilih Durian


Lihat Tangkainya. Durian yang jatuh dari pokok tangkainya bergerigi. seandainya nampak rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan buah durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan terpenting dulu. Kecuali itu, cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku, jikalau kulitnya tebal, karenanya ISI buahnya malah tebal juga. Seandainya bahagian dalam kulitnya kuning, karenanya warna daging buahnya malahan kuning juga. Ada juga kasus yang durian dicelup dalam pewarna kuning, tangkainya juga akan berwarna kuning, hati-hati tau.





Amati Durinya. Apabila kulit nampak berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan durian itu berisi padat, namun bila durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, isi duren pasti lembik.


Pilihlah Duren yang Ringan. Durian yang berat lazimnya masih mentah, isinya terlalu basah atau malahan busuk.


Kulit. Hindari dari memilih buah yang kulitnya sudah retak atau pecah pada hujungnya. Retak atau pecah pada bahagian kulit durian akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas yang mengakibatkan rasa buah menjadi masam atau tawar.


Jangan Lupa Dipukul - pukul. Seandainya terdengar bunyi \"bluk-bluk\" berkumandang, itu tandanya duren sudah matang.melainkan apabila terdengar suara \"plek-plek\" itu tandanya duren belum matang.


Goyang goyangkan. Untuk memilih isi duren yang berkualiti dengan sistem menggoncangkan buah dan rasakan getaran kecil di dalam buah. Letakkan kedua telapak tangan pada buah durian, ditiru dengan jari-jari tangan dan diatur agak erat. Dan goncang secara pelan-lahan. Seandainya bisa menikmati getaran kecil ini bermakna isi buah kering dan matang kerana isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam manakala isi yang lembab atau terlalu lunak akan merekat di dinding kulit durian hal yang demikian.


Pilihlah Pangsa Durian dengan Ciri Tertentu. Ada 5 Pangsa. Buah duren memiliki pangsa (bilik-bilik) yang diisi biji dan isi buah. Pangsa buah durian boleh diamati dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bahagian atas hingga bahagian bawah. Duren yang tepat memiliki lima pangsa kerana isi buah lazimnya lebih banyak berbanding durian yang memiliki 6 pangsa atau lebih.


Ambil Duren yang Bulat. Bentuk bulat menggambarkan isi buahnya besar dan banyak. Duren bujur atau tak bulat lazimnya cuma memliki isi buah sedikit. Akan namun, buah yang lonjong selalunya lebih manis dan enak berbanding buah yang bulat.


Cium Baunya. Metode memilih durian, dekatkan hidung dan kecup baunya, bila dia beraroma kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Duren jikalau telah tak bau lagi, kemungkinan buahnya telah masuk angin yang membuat rasanya jadi hambar.


Cara Menanam Pohon Durian


Tanaman buah duren (king of fruits) yang berkeinginan dibuahkan di luar musim seharusnya memenuhi sebagian kriteria antara lain pohon sehat, dapat diamati dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap. Pohon buah durian sudah cukup usia atau sudah pernah berbunga.  Pohon buah durian tak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus). Metode sedang terserang hama atau penyakit. , cara untuk membuahkan buah di luar musim yang dapat dipertanggungjawabkan dan paling banyak dijalankan merupakan dengan mengaplikasikan bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon durian.  ini mengubah fisiologis tanaman durian dengan metode menghalangi fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, supaya timbul fase generatif - atau munculnya bunga dan buah.


 


Postingan Populer