Kenali dulu bagaimana cara membuat pohon durian agar cepat berbuah

Baca dulu di sini bagaimana cara membuat pohon durian agar cepat berbuah.Buah Durian yakni buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenisnya. Buah ini mempunyai wewangian sungguh-sungguh menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia beberapa besar menyenangi buah ini sebab dianggap mempunyai rasa yang lezat dan menggugah selera. Pun, karena kelezatannya membuat banyak orang ketagihan. Buah ini dapat dimakan lantas maupun dihasilkan olahan. Berikut sebagian ragam durian yang ada di Indonesia.


Tipe Macam Duren di Indonesia


Duren Petruk. Dari namanya saja sudah menggambarkan bahwa durian ini ialah varietas unggul di yang terus diteliti untuk dimaksimalkan. Nama duren petruk diambil dari nama penemu durian ragam ini, merupakan Pak Petruk asal Jepara. Buah Durian petruk disebut sebut sebagai buah durian paling enak sedunia.




Durian Tembaga. Durian tembaga mempunyai karakteristik yang benar-benar menarik. Secara lazim tak jauh berbeda dengan duren variasi lainnya. Durian menarik dari durian tembaga yaitu dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Buah Durian asal Riau ini susah masuk ke pasar di Pulau Jawa karena keok pamor dengan durian tipe lain terlebih hasil impor. Tetapi, soal rasa dan harga sungguh-sungguh menggiurkan. 





Duren Sang Surya. Buah Durian ragam ini dinamakan duren sang surya sebab warna dagingnya kuning cemerlang seperti sang surya. Buah Durian yang mempunyai daging tebal dan berserat halus ini dapat Anda temukan di tempat Cimanggu, Bogor.


Tips Memilih Durian


Lihat Tangkainya. Durian yang jatuh dari pokok tangkainya bergerigi. apabila tampak rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan secara khusus dulu. Kecuali itu, cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku, sekiranya kulitnya tebal, karenanya ISI buahnya malah tebal juga. Jika bahagian dalam kulitnya kuning, karenanya warna daging buahnya bahkan kuning juga. Ada juga kasus yang durian dicelup dalam pewarna kuning, tangkainya juga akan berwarna kuning, hati-hati tau.





Perhatikan Durinya. Bila kulit tampak berduri jarang dan besar-besar boleh dipastikan duren itu berisi padat, melainkan apabila buah durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, isi duren pasti lembik.


Pilihlah Duren yang Ringan. Duren yang berat umumnya masih mentah, isinya terlalu basah atau malahan busuk.


Kulit. Hindari dari memilih buah yang kulitnya telah retak atau pecah pada hujungnya. Retak atau pecah pada bahagian kulit duren akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas yang mengakibatkan rasa buah menjadi masam atau tawar.


Jangan Lupa Dipukul - pukul. Kalau terdengar bunyi \"bluk-bluk\" berkumandang, itu tandanya buah durian sudah matang.melainkan jikalau terdengar suara \"plek-plek\" itu tandanya buah durian belum matang.


guncangkan. Untuk memilih isi buah durian yang berkualiti dengan metode menggoncangkan buah dan rasakan getaran kecil di dalam buah. Letakkan kedua telapak tangan pada buah buah durian, ditiru dengan jari-jari tangan dan diatur agak erat. Dan goncang secara pelan-lahan. Jikalau bisa menikmati getaran kecil ini bermakna isi buah kering dan matang kerana isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam manakala isi yang lembab atau terlalu lunak akan merekat di dinding kulit buah durian hal yang demikian.


Pilihlah Pangsa Durian dengan Ciri Tertentu. Ada 5 Pangsa. Buah durian memiliki pangsa (bilik-bilik) yang diisi biji dan isi buah. Pangsa duren boleh diperhatikan dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bahagian atas hingga bahagian bawah. Duren yang pas memiliki lima pangsa kerana isi buah lazimnya lebih banyak berbanding duren yang memiliki 6 pangsa atau lebih.


Ambil Duren yang Bulat. Bentuk bulat menggambarkan isi buahnya besar dan banyak. Duren bujur atau tak bulat umumnya cuma memliki isi buah sedikit. Akan melainkan, buah yang lonjong selalunya lebih manis dan nikmat berbanding buah yang bulat.


Cium Baunya. Metode memilih duren, dekatkan hidung dan endus baunya, kalau dia beraroma kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Durian sekiranya telah tak bau lagi, kemungkinan buahnya sudah masuk angin yang membikin rasanya jadi hambar.


Cara Menanam Pohon Duren


Tanaman buah duren (king of fruits) yang mau dibuahkan di luar musim seharusnya memenuhi sebagian kriteria antara lain pohon sehat, dapat diperhatikan dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap. Pohon durian telah cukup usia atau sudah pernah berbunga.  Pohon durian tak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus). Metode sedang terserang hama atau penyakit. , cara untuk membuahkan buah di luar musim yang dapat dipertanggungjawabkan dan paling banyak dilaksanakan merupakan dengan memakai bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon durian.  ini mengubah fisiologis tanaman buah durian dengan sistem menghalangi fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, supaya timbul fase generatif - atau munculnya bunga dan buah.


 


Postingan Populer