Kenali dulu bagaimana cara membuat es krim durian yang enak

Langsung dibuka rahasia bagaimana cara membuat es krim durian yang enak.Duren adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenisnya. Buah ini mempunyai bebauan benar-benar menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia beberapa besar menyenangi buah ini karena dianggap mempunyai rasa yang lezat dan menggugah selera. Malahan, sebab kelezatannya membikin banyak orang ketagihan. Buah ini dapat dimakan seketika maupun diwujudkan olahan. Berikut sebagian ragam duren yang terdapat di Indonesia.


Ragam Tipe Buah Durian di Indonesia


Durian Petruk. Dari namanya saja telah menggambarkan bahwa duren ini ialah varietas unggul di yang terus diteliti untuk dimaksimalkan. Nama duren petruk diambil dari nama penemu duren tipe ini, merupakan Pak Petruk asal Jepara. Duren petruk digadang-gadang sebagai duren terlezat sedunia.




Buah Durian Tembaga. Durian tembaga mempunyai karakteristik yang benar-benar menarik. Secara lazim tak jauh berbeda dengan duren tipe lainnya. Durian menarik dari buah durian tembaga merupakan dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Duren asal Riau ini susah masuk ke pasar di Pulau Jawa sebab keok pamor dengan duren tipe lain terpenting hasil impor. Tapi, soal rasa dan harga betul-betul menggiurkan. 





Buah Durian Sang Surya. Duren variasi ini diberi nama durian sang surya sebab warna dagingnya kuning cemerlang seperti sang surya. Durian yang mempunyai daging tebal dan berserat halus ini dapat Anda temukan di tempat Cimanggu, Bogor.


Tips Memilih Durian


Lihat Tangkainya. Duren yang jatuh dari pokok tangkainya bergerigi. apabila menonjol rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan duren itu dipetik sebelum masak dan disimpan terutama dulu. Kecuali itu, cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku, apabila kulitnya tebal, karenanya ISI buahnya malahan tebal juga. Bila bahagian dalam kulitnya kuning, karenanya warna daging buahnya bahkan kuning juga. Ada juga kasus yang durian dicelup dalam pewarna kuning, tangkainya juga akan berwarna kuning, hati-hati tau.





Perhatikan Durinya. Kalau kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan buah durian itu berisi padat, tapi apabila duren berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, isi duren pasti lembik.


Pilihlah Durian yang Ringan. Durian yang berat umumnya masih mentah, isinya terlalu basah atau malah busuk.


Kulit. Hindari dari memilih buah yang kulitnya telah retak atau pecah pada hujungnya. Retak atau pecah pada bahagian kulit durian akan membikin isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas yang mengakibatkan rasa buah menjadi masam atau tawar.


Jangan Lupa Dipukul - pukul. Apabila terdengar bunyi \"bluk-bluk\" berkumandang, itu tandanya duren sudah matang.melainkan sekiranya terdengar suara \"plek-plek\" itu tandanya buah durian belum matang.


Goncangkan. Untuk memilih isi buah durian yang berkualiti dengan sistem menggoncangkan buah dan rasakan getaran kecil di dalam buah. Letakkan kedua telapak tangan pada buah durian, dicontoh dengan jari-jari tangan dan dikuasai agak erat. Dan goncang secara pelan-lahan. Sekiranya bisa menikmati getaran kecil ini bermakna isi buah kering dan matang kerana isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam manakala isi yang lembab atau terlalu lunak akan merekat di dinding kulit buah durian hal yang demikian.


Pilihlah Pangsa Durian dengan Ciri Tertentu. Ada 5 Pangsa. Buah buah durian memiliki pangsa (bilik-bilik) yang diisi biji dan isi buah. Pangsa duren boleh diamati dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bahagian atas hingga bahagian bawah. Buah Durian yang tepat memiliki lima pangsa kerana isi buah umumnya lebih banyak berbanding duren yang memiliki 6 pangsa atau lebih.


Ambil Duren yang Bulat. Bentuk bulat membuktikan isi buahnya besar dan banyak. Buah Durian bujur atau tak bulat lazimnya cuma memliki isi buah sedikit. Akan namun, buah yang lonjong selalunya lebih manis dan nikmat berbanding buah yang bulat.


Endus Baunya. Cara memilih durian, dekatkan hidung dan endus baunya, jikalau dia beraroma kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Durian apabila sudah tak bau lagi, kemungkinan buahnya sudah masuk angin yang membuat rasanya jadi hambar.


Cara Menanam Tanaman Buah Durian


Tanaman buah durian (king of fruits) yang mau dibuahkan di luar musim seharusnya memenuhi sebagian kriteria antara lain pohon sehat, dapat diamati dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap. Pohon duren sudah cukup usia atau telah pernah berbunga.  Pohon duren tak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus). Sistem sedang terserang hama atau penyakit. , sistem untuk membuahkan buah di luar musim yang dapat dipertanggungjawabkan dan paling banyak dikerjakan merupakan dengan memakai bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon durian.  ini mengubah fisiologis tanaman duren dengan metode menghalangi fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, supaya timbul fase generatif - atau munculnya bunga dan buah.


 


Postingan Populer