Inilah tips bagaimana cara kolak durian

Langsung dibuka rahasia bagaimana cara kolak durian.Durian adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri ada banyak jenisnya. Buah ini mempunyai bebauan benar-benar menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia beberapa besar menyenangi buah ini karena dianggap mempunyai rasa yang lezat dan menggugah selera. Malahan, karena kelezatannya membuat banyak orang ketagihan. Buah ini dapat dimakan segera maupun diciptakan olahan. Berikut sebagian tipe buah durian yang ada di Indonesia.


Variasi Macam Duren di Indonesia


Duren Petruk. Dari namanya saja sudah menggambarkan bahwa duren ini ialah varietas unggul di yang terus diteliti untuk dimaksimalkan. Nama duren petruk diambil dari nama penemu duren tipe ini, merupakan Pak Petruk asal Jepara. Buah Durian petruk digadang-gadang sebagai duren terlezat sedunia.




Durian Tembaga. Buah Durian tembaga mempunyai karakteristik yang benar-benar menarik. Secara biasa tak jauh berbeda dengan duren variasi lainnya. Duren menarik dari duren tembaga yaitu dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Buah Durian asal Riau ini susah masuk ke pasar di Pulau Jawa sebab keok pamor dengan durian macam lain terutamanya hasil impor. Melainkan, soal rasa dan harga betul-betul menggiurkan. 





Durian Sang Surya. Duren ragam ini dinamai buah durian sang surya sebab warna dagingnya kuning cemerlang seperti sang surya. Duren yang mempunyai daging tebal dan berserat halus ini dapat Anda peroleh di tempat Cimanggu, Bogor.


Kiat Memilih Duren


Lihat Tangkainya. Buah Durian yang jatuh dari pokok tangkainya bergerigi. jikalau nampak rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan duren itu dipetik sebelum masak dan disimpan secara khusus dulu. Kecuali itu, cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku, jika kulitnya tebal, karenanya ISI buahnya malah tebal juga. Seandainya bahagian dalam kulitnya kuning, karenanya warna daging buahnya bahkan kuning juga. Ada juga kasus yang durian dicelup dalam pewarna kuning, tangkainya juga akan berwarna kuning, hati-hati tau.





Perhatikan Durinya. Jikalau kulit nampak berduri jarang dan besar-besar boleh dipastikan buah durian itu berisi padat, tapi jikalau durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, isi duren pasti lembik.


Pilihlah Durian yang Ringan. Buah Durian yang berat umumnya masih mentah, isinya terlalu basah atau malahan busuk.


Kulit. Hindari dari memilih buah yang kulitnya telah retak atau pecah pada hujungnya. Retak atau pecah pada bahagian kulit buah durian akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas yang mengakibatkan rasa buah menjadi masam atau tawar.


Jangan Lupa Dipukul - pukul. Bila terdengar bunyi \"bluk-bluk\" berkumandang, itu tandanya buah durian telah matang.tetapi apabila terdengar suara \"plek-plek\" itu tandanya buah durian belum matang.


Goyang goyangkan. Untuk memilih isi duren yang berkualiti dengan metode menggoncangkan buah dan rasakan getaran kecil di dalam buah. Letakkan kedua telapak tangan pada buah buah durian, ditiru dengan jari-jari tangan dan diatur agak erat. Dan goncang secara pelan-lahan. Apabila bisa menikmati getaran kecil ini bermakna isi buah kering dan matang kerana isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam manakala isi yang lembab atau terlalu lunak akan merekat di dinding kulit duren hal yang demikian.


Pilihlah Pangsa Durian dengan Ciri Tertentu. Ada 5 Pangsa. Buah duren memiliki pangsa (bilik-bilik) yang diisi biji dan isi buah. Pangsa duren bisa dipandang dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bahagian atas hingga bahagian bawah. Duren yang tepat memiliki lima pangsa kerana isi buah lazimnya lebih banyak berbanding durian yang memiliki 6 pangsa atau lebih.


Ambil Duren yang Bulat. Bentuk yang bulat membuktikan isi buahnya besar dan banyak. Buah Durian bujur atau tak bulat lazimnya cuma memliki isi buah sedikit. Akan tapi, buah yang lonjong selalunya lebih manis dan enak berbanding buah yang bulat.


Cium Baunya. Metode memilih durian, dekatkan hidung dan endus baunya, sekiranya dia beraroma kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Durian apabila telah tak bau lagi, kemungkinan buahnya sudah masuk angin yang membikin rasanya jadi hambar.


Metode Menanam Pohon Buah Durian


Tanaman buah buah durian (king of fruits) yang berharap dibuahkan di luar musim seharusnya memenuhi sebagian kriteria antara lain pohon sehat, dapat dipandang dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap. Pohon duren telah cukup usia atau sudah pernah berbunga.  Pohon durian tak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus). Sistem sedang terserang hama atau penyakit. , sistem untuk membuahkan buah di luar musim yang dapat dipertanggungjawabkan dan paling banyak dilaksanakan merupakan dengan menerapkan bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon duren.  ini mengubah fisiologis tanaman buah durian dengan sistem menghalangi fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, supaya timbul fase generatif - atau munculnya bunga dan buah.


 


Postingan Populer