Tips praktis bagaimana cara potong durian belanda

Tips dari orang berpengalaman cara cara potong durian belanda.Durian yaitu buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenisnya. Buah ini mempunyai bebauan amat menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia beberapa besar suka buah ini karena dianggap mempunyai rasa yang lezat dan menggugah selera. Pun, karena kelezatannya membuat banyak orang ketagihan. Buah ini dapat dimakan segera maupun diwujudkan olahan. Berikut sebagian variasi durian yang terdapat di Indonesia.


Variasi Ragam Durian di Indonesia


Buah Durian Petruk. Dari namanya saja sudah menggambarkan bahwa buah durian ini yaitu varietas unggul di yang terus diteliti untuk dioptimalkan. Nama duren petruk diambil dari nama penemu buah durian ragam ini, adalah Pak Petruk asal Jepara. Durian petruk digadang-gadang sebagai buah durian terlezat sedunia.




Buah Durian Tembaga. Buah Durian tembaga mempunyai karakteristik yang benar-benar menarik. Secara lazim tak jauh berbeda dengan buah durian macam lainnya. Durian menarik dari duren tembaga yakni dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Durian asal Riau ini susah masuk ke pasar di Pulau Jawa sebab keok pamor dengan duren variasi lain terlebih hasil impor. Melainkan, soal rasa dan harga benar-benar menggiurkan. 





Buah Durian Sang Surya. Buah Durian variasi ini dinamakan durian sang surya sebab warna dagingnya kuning cemerlang seperti sang surya. Durian yang mempunyai daging tebal dan berserat halus ini dapat Anda temukan di tempat Cimanggu, Bogor.


Tips Memilih Durian


Lihat Tangkainya. Duren yang jatuh dari pokok tangkainya bergerigi. kalau tampak rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan buah durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan terpenting dulu. Kecuali itu, cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku, jikalau kulitnya tebal, karenanya ISI buahnya malahan tebal juga. Apabila bahagian dalam kulitnya kuning, karenanya warna daging buahnya bahkan kuning juga. Ada juga kasus yang durian dicelup dalam pewarna kuning, tangkainya juga akan berwarna kuning, hati-hati tau.





Amati Durinya. Sekiranya kulit menonjol berduri jarang dan besar-besar boleh dipastikan duren itu berisi padat, tapi bila durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, isi durian pasti lembik.


Pilihlah Durian yang Ringan. Buah Durian yang berat umumnya masih mentah, isinya terlalu basah atau pun busuk.


Kulit. Hindari dari memilih buah yang kulitnya telah retak atau pecah pada hujungnya. Retak atau pecah pada bahagian kulit buah durian akan membikin isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas yang mengakibatkan rasa buah menjadi masam atau tawar.


Jangan Lupa Dipukul - pukul. Sekiranya terdengar bunyi \"bluk-bluk\" berkumandang, itu tandanya duren sudah matang.melainkan sekiranya terdengar suara \"plek-plek\" itu tandanya buah durian belum matang.


guncangkan. Untuk memilih isi buah durian yang berkualiti dengan metode menggoncangkan buah dan rasakan getaran kecil di dalam buah. Letakkan kedua telapak tangan pada buah buah durian, ditiru dengan jari-jari tangan dan dibatasi agak erat. Dan goncang secara pelan-lahan. Bila bisa menikmati getaran kecil ini bermakna isi buah kering dan matang kerana isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam manakala isi yang lembab atau terlalu lunak akan menempel di dinding kulit durian hal yang demikian.


Pilihlah Pangsa Duren dengan Ciri Tertentu. Ada 5 Pangsa. Buah buah durian memiliki pangsa (bilik-bilik) yang diisi biji dan isi buah. Pangsa duren boleh diamati dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bahagian atas hingga bahagian bawah. Duren yang pas memiliki lima pangsa kerana isi buah umumnya lebih banyak berbanding buah durian yang memiliki 6 pangsa atau lebih.


Ambil Durian yang Bulat. Bentuk bulat menggambarkan isi buahnya besar dan banyak. Duren bujur atau tak bulat umumnya cuma memliki isi buah sedikit. Akan melainkan, buah yang lonjong selalunya lebih manis dan enak berbanding buah yang bulat.


Cium Baunya. Cara memilih buah durian, dekatkan hidung dan endus baunya, apabila dia beraroma kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Durian jikalau telah tak bau lagi, kemungkinan buahnya telah masuk angin yang membuat rasanya jadi hambar.


Metode Menanam Pohon Durian


Tanaman buah buah durian (king of fruits) yang berkeinginan dibuahkan di luar musim semestinya memenuhi sebagian kriteria antara lain pohon sehat, dapat diamati dari cabang pohon yang merata dan warna daun hijau tua mengkilap. Pohon durian telah cukup usia atau telah pernah berbunga.  Pohon buah durian tak dalam fase pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus). Metode sedang terserang hama atau penyakit. , cara untuk membuahkan buah di luar musim yang dapat dipertanggungjawabkan dan paling banyak dikerjakan ialah dengan memakai bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT) sebagai pupuk pohon buah durian.  ini mengubah fisiologis tanaman buah durian dengan metode menghalangi fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, supaya timbul fase generatif - atau munculnya bunga dan buah.


 


Postingan Populer